metro 9 news metro9news
No icon

PMI Kota Tangerang Fasilitasi Mahasiswa Pelatihan Penyelamatan

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan salah satu organisasi yang berfokus pada kemanusiaan. Salah satunya, membantu upaya penyelamatan atau rescue saat terjadinya bencana. Maka, PMI Kota Tangerang terbuka dalam memberikan pelatihan penyelamatan baik bagi mahasiswa atau pun instansi lainnya.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah menungkapkan pelatihan akan diberikan secara langsung oleh relawan PMI. Pelatihan akan dilakukan dengan sistem praktek secara langsung, baik water rescue, vertical rescue, dan penyelamatan lainnya.

"Hari ini, kami memfasilitasi mahasiswa dari Poltekkes Kemenkes Banten untuk pelatihan water rescue. Total, ada sebanyak 33 mahasiswi yang mengikuti pelatihan hari ini. Tentu, pelatihan penyelamatan sangat penting. Terlebih, bencana seperti banjir atau gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia. Mereka harus mengerti bagaimana upaya penyelamatan yang tepat," ungkapnya, Jumat (03/11/23).

Ia melanjutkan, PMI Kota Tangerang sangat terbuka apabila ada sekolah, universitas atau pun instansi lainnya yang ingin mengadakan pelatihan penyelamatan. Pemohon cukup bersurat ke PMI Kota Tangerang dan menjelaskan pelatihan penyelamatan apa yang ingin dilakukan.

"Silahkan bersurat membuat permohonan kepada PMI Kota Tangerang. Nanti, akan kami sesuaikan dengan jadwal para fasilitator. Tentu kami sangat terbuka bagi mahasiswa, pegawai, hingga masyarakat umum yang ingin melakukan pelatihan penyelamatan bersama dengan PMI Kota Tangerang," lanjutnya.

Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan berbagai wawasan baru khususnya dalam melakukan penyelamatan saat terjadi bencana. Sehingga, proses penyelamatan akan lebih cepat dengan tambahan personel dari para relawan.

"Anak-anak muda masih memiliki semangat dan tenaga yang sangat banyak. Maka, kami harap semakin banyak anak muda yang mengikuti pelatihan bersama dengan PMI Kota Tangerang. Sehingga, proses penyelamatan akan lebih cepat dengan tambahan personel dari para relawan," harapnya.

Comment As:

Comment (0)